07 January 2023

Superspreader di Pesawat

 Hello!!! 

Another same old thing: new year, new me!

Ok, skip dulu pertaunbaruan yang mana setiap taun selalu mikir, 'Gw bakal ngeblog lagi nih,' dan ga pernah terjadi. Mana pula tren masa kini adalah podkes atau konten di Youtube, I can't compete *padahal dari dulu juga ga bisa compte* 

Gw baru liat berita tentang covid dan jadi pengen cerita tentang percovidan gw. Kenapa? Karena berita yang gw liat isinya mengenai testing wastewater dari pesawat (limbah cair WC) yang sampelnya mengandung covid. Wow, sangat relate dengan gw yang tampaknya jadi superspreader sudah bergejala covid pas di pesawat.

Gw kena covid di Indonesia pas mudik 2022, hakul yakin dapetnya dari Jogja. Short story shorter, dua hari setelah dari Jogja, gw kudu balik ke Finland. Gw terbang pake via Qatar *go judge me* *oh, ga bisa, soalnya kerap naik Qatar atau maskapai TimTeng yha?*, di tengah perjalanan, gw kayak ngerasa dingin gitu, yang mana membingungkan karena lo akan bertanya-tanya, 'Ini gw dingin karena sakit apa karena AC pesawat sih?' Setelah sampai di Helsinki dan pake home test, ternyata gw covid. Wakwaw, apakah gw menjadi superpsreader ketika di pesawat? Bgztnya lagi, gw ga ngerasa beersalah-bersalah amat, kecuali sama orang-orang yang duduk di deket gw ketika di pesawat. Meski gw dan orang di sekitar gw pada saat itu maskeran semua, tetep aja kami buka masker ketika makan. Untuk penumpang lainnya, gw cuma mikir kalau mayoritas dari mereka udah pada vaksin dan (hampir) selalu maskeran. Kalau ada whities bandel yang kena karena dia ga mau pake masker meski udah jelas aturan dari maskapai pada saat itu mewajibkan pake masker, yaudahlahya.

Karena gw late to the party, gw kayaknya kebagian omicron yang gejalanya ga begitu berat tapi lebih gampang nyebar. Walhasil gw demam-demam entang, pusing-pusing dikit, hidung meler-mampet. Biarpun gejala bak butiran debu, kayaknya covid ini bikin sel otak gw RIP dan cuma sisa dua. Planga-plongo ngang-ngong kalau diajak ngomong. Omongan orang cuma kayak tiupan angin, lewat doang dan ga ada yang nyangkut. Sekitar lima hari, hasil tes gw udah negatif. Meski demikian, gw jadi bloon untuk beberapa bulan setelah covid. Sekarang sih pengen bilang kalau gw udah ga bloon lagi, but I let the others judge.

Udah sih gitu doang. Ga ada cerita dramatis soal covid (eh, apa justru dramatis karena gw allegedly jadi superspreader di pesawat?) ataupun ketika vaksin. Pas vaksin, ga ada reaksi yang bikin gw sakit, tapi tetep aja setiap vaksin gw libur kerja di hari tersebut, ehe, karena orang-orang sekitar gw pada sakit ketika vaksin. Ya gw ikutan libur aja dah.

No comments:

Post a Comment