06 July 2020

'Dilecehin? Panteslah bajunya kayak gitu...'

Hai pemirsa ...sa...sa...saaaa *bergema ceritanya*

Meski kemungkinan besar tidak ada lagi pemirsa di sini karena pemirsa sudah bubar meski tidak gerimis (hanya orang-orang tua pasti yang bisa menangkap joke tidak lucu ini), gw akan tetap lanjut dengan postingan ini. Memanfaatkan momentum kerusuhan jagad Twitter tentang pelecehan yang berawal dari Sbux CCTV, gw sebagai nobody yang 1) nggak ditanya opini 2) blognya mati suri, jadi ingin sumbang suara sekaligus bikin postingan.

Sekadar mengingatkan berbagi cerita aja kalau peristiwa-peristiwa kampret nan haram jaddah yang gw alami bukan cuma ini, meski peristiwa dibuntutuin tersebut adalah salah satu yang paling bikin emosi, ada perintilan peristiwa lainnya dan juga satu peristiwa yang sama (atau lebih?) ngeselin dari ketika gw dibuntutin. Cuma pengen ngasih perspektif aja kalau yang bentuk-bentuk pelecehan bukan terjadi karena baju. Soalnya banyak laki yang otaknya kurang se-ons nggak bisa paham dan banyak perempuan yang kalau belum ngalamin sendiri kayaknya nggak percaya. 

Sebelum gw lanjut, gw mau pengakuan dulu, bahwa dulu waktu masih muda, ada masa di mana gw masuk ke dalam golongan otak kurang se-ons. Ketika ada pelecehan, hal pertama yang terlintas di 'Lah, ceweknya pake baju apa.' Terus ada kejadian nggak enak menimpa saudara gw sendiri di angkot dan dese orangnya kerudungan. Wow, terus tiba-tba otakku tumbuh se-ons dan mulai bisa mikir. Sekalian kadung basah, gw juga mau pengakuan lainnya, supaya apa? Supaya gw nggak bisa diblackmail karena sebelum ditunjuk orang gw udah nunjuk diri sendiri dan ngasih liat juga bahwa orang bisa berkembang kek adonan dikasih baking soda. 

Gw dulu mikir bahwa ateis itu salah dan setiap ateis pasti jahat dan goreng adat. Pindah ke Belanda, ketemu banyak ateis, gw nggak ketemu sama jahat atau goreng adat. Mereka secara pribadi bilang bahwa secara umum agama itu koyol, tapi nggak akan menghina apa kepercayaan lo atau menghalangi lo ibadah. Para ateis ini yang pintunya gw ketok duluan lah secara tetangga sendiri.

Gw dulu suka menggunjingkan orang yang copot kerudung. Kayak yang, 'Ih, kok dibuka sih?' Udah lumayan lama gw ngerasa males kalau ada orang yang ngajak gunjing hal ini. Kayak yang, 'Lah, apa urusannya sama elo?' Tapi karena level konfrontasi gw cupu, gw paling ketawa awkward dengan ekspresi yang kalau divisualisasikan kurang lebih...


Dulu ngefans sama akhi smelekum aktivis kampus. Sekarang liat fakta ada beberapa dari mereka yang mana alumni kampus gw ternyata masuk dalam sekte bumi datar, anti vaksin dan berprinsip bahwa cewek ga boleh kerja tapi pas istrinya hamil maunya dokter cewek. Hamdalah ga dapet yang kek gitu, lol.

Ini kenapa isinya jadi pengakuan-pengakuan deh? 

Oke, kembali ke cerita awal, jangan belok-belok. Ini nyambung dengan kisah yang udah gw singgung di atas, di mana gw dibuntutin mas-mas muka TimTeng. Kecewa berat dua kali lipat karena, 'Makanya kerudungan biar aman,' tidak terbukti keabsahannya dan ini terjadi di Finlandia, salah satu tempat teraman. Di mana bocah kecil biasa pergi sendiri ke sekolah jalan kaki sampai 1 km atau lebih lewat hutan dan semua baik-baik aja. 

Meskipun cerita gw hanyalah cerita standar dari rakjat djelata dan bukan kisah 25 nabi, semoga orang tua bisa mengisahkan cerita ini sama anak-anaknya dengan pesan moral bahwa korban+baju tida bisa disalahkan dan kalau jadi laki-laki jangan goblog dan kurang ajar. Btw, ini mungkin terkesan menggiring opini dan penuh dengan prejudis ya, tapi semua kejadian ini selalu dilakukan oleh laki-laki dengan muka Timur Tengah, yang kemungkinan sih masih saudara seagama (ih amit-amit saudaraan sama yang kek gini). Pun sepertinya mereka adalah orang-orang yang nyari suaka. Kok bisa tahu? Karena di peristiwa yang melibatkan percakapan, mereka selalu ngomong dengnan bahasa Finlan. Ketika baru datang, mereka harus ikut program integrasi, walhasil bahasa yang mereka kuasai adalah bahasa lokasl mereka dan Bahasa Finlan.

Eniwei, list berikut ini adalah peristiwa tidak menyenangkan yang gw alami, nomor 5 akan bikin kalian tercengang *ala narator acara TV yang kontennya nyomot dari Youtube*

1. Distop di jalan. Ini salah satu kejadian pertama. Gw nggak inget, apakah kejadian ini dulu atau dibuntutuin duluan. Gw lagi jalan kaki kasual. Tiba-tba ada laki-laki memberhentikan gw. Bukan mas-mas, bukan om-om, bukan bapak-bapak, melainkan udah tuwir kek 60 tahunan. Ngedeketin terus nyodorin tangan. Gw kaget dan hanya bisa memberi ekpresi campuran antara , 'Naon ai sia?' dan 'Saha maneh?' Setelah sodoran tangannya tidak bersambut, nyerocoslah dese pake Bahasa Finland. Langsung gw keluarkan jurus andalan, 'Anteeks, en puhu suomea.' ('Maaf  saya nggak bisa Bahasa Finland'). Lah, terus dese ganti ke bahasa yang mbuh gw nggak tahu apaan. Terus gw ngasih gestur jazz hand sambil melipir dikit-dikit, lah dese ikutan melipir kayak ngalangin gw buat jalan. Emosi deh, langsung kaga pake melipir-melipiran dan jazz hand-jazz handan, gw cus sambil cepet-cepet bak lagi gerak jalan sekecamatan. Mild, benign, gw nggak ngerasa takut saat itu cuma ngerasa gengges aja ni orang. 

2. Di 'hey-hey'-in di jalan. Cukup self explanatory ya ini, ya lagi jalan terus papasan dari arah berlawanan terus di 'hey-hey-in. Beruntungnya, gw selalu pake headphone segede hair bun Princess Leia, sehingga gw bisa pura-pura budek meski gw masih bisa denger, makleum, headphone ala-ala, ukuran boleh jadi segede ego, tapi kaga mumpuni juga noise cancellingnya. Kedengerannya ini peristiwa biasa banget ya, tapi gw lebih serem daripada yang nomor 1, karena kejadian gini biasanya dilakukan sama anak muda dan gw lebih takut sama mereka.

3. Di 'Allahuakbar'-in di jalan. Ini juga self explanatory ya. Entah kenapa gw nggak ngerasa takut saat kejadian ini, mungkin karena gw lagi sama temen gw. Dan karena temen gw tersebut lokal, dia nggak ngeh apa yang terjadi. Meski begitu, gw ngerasa gondok, karena gw nggak ngerti tujuan dia apa ngomong gini, ditambah pas ngomong gini dese ngasih tatapan di ujung mata dan muka ngenyek. Hih banget!

4. Ditatap kek seonggok daging. Ini luar biasa dah. Orang lokal lagi jogging pake short dan sport bra melenggang gitu aja, giliran gw ketutup plus pake kerudung diliatinnya kek cheetah lagi liat rusa. Ini paling sering terjadi sama geng mancing mania. Gw sampai apal lho spot-spot mereka di mana. Cuaca summer gini, salah satu geng, biasa mancing emosi gw ikan di danau belakang housing gw, minimalnya ada dua orang, maksimalnya mbuhlah grup gede. Begitu mereka spotting gw dari jauh, pancing ga usah diliat, pandangan ke arah gw, yang asalanya kepala tengok kiri sampai jadi tengok kanan, terus ngeliatin sampai abis dari pandangan. Kok lo tau Ning? Ya gw cek lah, bodo amat gw liatin balik sampai kepala gw nengok ke belakang. Sekali kejadian tali sepatu gw lepas, gw ogah berhenti, terus aja jogging sampai gw ga keliatan sama mereka baru gw berhenti buat naliin sepatu. Segitu malesnya gw sama mereka.

5. Ini yang paling emosi deh pemirsa. Natal tahun kemarin, seperti biasa, kami ada makan malam kampus. Restaurannya terletak di lantai dua sebuah gedung. Tepat di bawah restauran tersebut adalah Irish pub. Nah, malam itu kebetulan ada live music. Setelah acara makan malam kelar, gw dan para geng-gong turun berjamaah buat liat live music. Karena grupnya besar, pas duduk kami kebagi dua. Gw bareng temen-temen gw, paling nggak berlima lah. Pub nya penuh tapi wajar dan nggak sesek. Posisi gw duduk dan sebelah kanan dan kiri gw ada temen gw yang berdiri. Nggak lama kemudian datang dua bocah (bocah bok, kayaknya baru masuk drinking age deh) bermuka TimTeng nyamperin dan mepet gw. Anjiiiii gimana nggak kaget, gw tuh bergrup, terus ini 2 onggok upil yang dikasih nyawa tiba-tiba nyamperin sambil meracau pake Bahasa Finlan sambil ngomong 'Hijab-hijab....' seraya nunjuk-nunjuk kerudung gw, diusirlah mereka sama temen gw. Emosi. Selang 15-20 menit, mereka balik lagi dan melakukan hal yang sama, bgzt emang. Diusir lagi sama temen gw, tapi kali ini nggak langsung pergi, masih terus usaha mepet dari arah lain sambil meracau. Baru pergi setelah terus-terusan diursir sama temen gw. Gila ya, itu tuh tempat umum dan gw jelas-jelas bergrup, tapi dua orang ini nyalinya gede banget meski gw yakin berbanding terbalik sama tytydnya. Kebayang nggak kalau semisalnya pada saat itu gw lagi nunggu orang dan sendirian? Hedeh. Gw udah yakin akan ada pemirsa yang budiman otaknya kurang se-ons akan bilang, 'Lagian lo ngapain di pub? Salah lo lah, namanya juga pub.' For anyone who says that, 'F*ck you and go suck my non existent d*ck!' So what kalau gw di sana, kalau perempuan lainnya bisa ada di sana dan baik-baik aja, kenapa gw nggak boleh ada di sana dan baik-baik aja. Orang lokal nggak ada yang pernah rese satu pun, nggak ada. Temen gw yang bukan lokal tapi udah tinggal di sini 8 tahunan ngejelasin kalau itu terjadi sama gw karena gw pake kerudung dan mereka ngerasa berhak ngatur gw. Mereka nggak akan berani kayak gitu sama cewek lokal, giliran liat orang kayak gw, dianggapnya gw seperti perempuan 'kebanyakan' dari negara dia, yang nggak bisa dan nggak boleh ngapa-ngapain. Mereka kayak patronizing apa yang seharusnya gw lakukan sebagai perempuan. Njijik'i.  

Lelah hayati deh gw dengan semua ini. Coba gih sana, tutup seluruh badan pake karung goni, hakul yakin pada suatu saat bakal kena dilecehin juga. Gw kadang suka diam-diam berharap semoga itu bocah jahanam yang gw temui di pub dideportasi balik ke negaranya, tapi nggak kayak gitu ya mainnya? Gw juga jadi kesel sama pikiran gw sendiri, karena kalau gw liat orang bermuka TimTeng, gw udah spaneng dan berprasangka duluan, ini bakal ada kejadian apa nih sekarang? Ini gw ketemu golongan yang baik atau golongan najis mugholadoh? Capek sendiri dah.

Percaya sekarang kalau pelecehan nggak ada hubungannya sama baju? Logically speaking, kejadian di atas justru nggak akan terjadi kalau gw nggak kerudungan, yekan? Hih!  

2 comments: