25 November 2018

Prasangka Dua Arah

Salah satu hal yang paling bikin cewek soleha yang satu ini gw lelah adalah prasangka dua arah ini, satu dari bule dan satunya lagi dari sesama muslim. Nama pun pake kerudung, belum apa-apa orang udah tahu identitas gw. Kebanyakan orang sih baik-baik aja dan cenderung netral, hal bikin gw ngerasa nggak nyaman dan aman justru datang dari orang muslimnya sendiri *kzl bgzt* *emosi* *copot kerudung*

Udah kayak peristiwa Singapura terulang lagi, tapi dalam bentuk beda dan bikin lebih emosi. Udah pada apal kan ya gw sering banget disamperin mamang-mamang India yang muslim dan menggnggap gw TKI dan dengan sigap langsung membuka pembicaraan dengan, "Eh gw muslim juga lho, kita bisa temenan atau lebih dari temenan." Dan biasanya langsung disambung dengan pertanyaan nama, umur, status dan jumlah anak. Kzl bgzt.

Tapi yaudahlah, gw kan udah nggak di Singapur *meski gw kangen Singapur banget nyet!!* dan kejadian seperti itu nggak akan gw alami lagi, itu yang ada dipikiran gw sebelum balik lagi ke Yurep. Gw justru antisipasi dari orang lokal Yurepnya sendiri sejak krisis imigran beberapa tahun silam. Gw nerveus abis ketika kembali ke Yurep dan membayangkan kalau kudu ngalamin hal-hal nggak menyenangkan mulai dari pemeriksaan yang dibuat-buat ketika di airport, sampai ke perlakuan orang-orang pada umumnya, yang ternyata sampai sekarang belum nggak terjadi. Gw yakinlah jauh di lubuk hati terdalam mereka, pasti banyak prasangka macem-macem ketika ngeliat gw, cuman mungkin akal sehat masih jalan atau benih-benih rasismenya dipendam dalam-dalam. Kalau bahasanya Bill Burr, real racism is subtle. Bener sih. Saking nerveusnya gw pun sudah berikrar...

'....consider that.' That = lepas kerudung. Ape lo?! Ape lo?!


Tapi masalahnya namapun warga negara NKRI, paling teladan di seluruh dunia, implikasinya kurang lebih....



Hal yang sangat mengecewakan justru datang dari orang muslim yang gw temui di sini. Tentunya gw nggak bisa menggenerelisasi, tapi sebagai manusia, penilaian kan dibuat dari pengalaman yeeee. Pengalaman nyebelin gw semua datang dari orang muslim *bersiap diberi label islamfobia oleh orang islam lainnya* Gw mengalami kejadian seperti di Singapura dengan beberapa orang Islam yang gw temui di sini. Gw sampe capek karena gw mencium gelagat superiorisme dari para laki muslim ini yang secara implisit menunjukkan, 'Lo muslim di sini, cewek. Populasi muslim di sini ga banyak, udahlah lu pasti desperate sini sama gw aja.'  Kenapa mereka bisa gitu? Ya karena gw pake kerudung, anggapannya adalah gw ini sudah pasti submissive dan pasti bakal ngekor dan nurut aja lah sama laki (muslim). Gw pernah diberentiin beberapa kali di jalan sama orang bermuka timur tengah dan diajak kenalan, apesnya (atau justru untungnya) orang-orang tersebut cuma bisa bahasa Finland atau bahasa negara asalnya, walhasil gw cuma bilang "Ei puhut suomea (nggak bicara Bahasa Finland). Englanti?" Alhamdulillah, orang-orang tersebut keukeuh bicara pake Bahasa Finland dan gw keueuh bilang gw ga bisa Bahasa Finland, sambil terus gw ngeleos pergi. 

Gw juga nggak tahu musti bereraksi gimana setiap kenalan sama laki terus hal pertama yang diucapkan adalah, "Saya muslim juga lho." Dan seringnya gw menangkap bahwa hal tersebut diucapkan bukan sebagai bentuk interaksi yang menyenangkan semacam, "OMG!! Lu ngefans sama Justin Bieber juga??? Ihhhh sama dong."  Lalu terjadi interaksi seru karena dua orang menemukan persamaan. Lagi-lagi ketika mereka bilang kalau mereka juga muslim justru sinyal yang dikirim adalah sinyal, "Di sini laki muslim ga banyak maneh pasti desperate udah sama gw aja." Pengen banget gw nanggepin ucapan mereka ketika bilang kalau mereka itu muslim dengan jawaban, "Ok, see you in Jahanam then." Tapi apa daya, aku cemen orangnya. Pernah juga gw baru kenalan lalu pertanyaan berikutnya yang diucapkan adalah, "Lo solat ga?" Pertanyaan macam apa itu kenalan sama orang terus nanya solat apa kaga? Setelah itu dese nyerocos, "Saya tuh solat, tapi kadang repot nih kalau mau solat Jumat kayak sekarang blablablabla...." Bodo amet tongggggg bukan urusan gw!!!!!

Hal yang masih seger baru terjadi dua hari yang lalu. Gw lagi jalan bareng temen, pas papasan dengan dua orang laki-laki, salah satunya bilang,"Allahu Akbar" dengan nada ngenyek. Apakah dia bule? Bukan bok, dia laki dengan muka timur tengah. Gw jalan lempeng aja ga nengok sama sekali berasa budek, tapi tetep aja sakit hati ya cyn. 

Gongnya terjadi pas gw dibuntutin sama laki bermuka timur tengah. Pertama dese ngekor gw di dalam supermarket. Gw udah curiga, tapi masih berusaha sok rasional, "Ahelah Ning, ga usah ke GR an, sape lo? PD amat lu berasa dibuntutin." Tapi kalau setiap gw jalan ke lorang tertentu dese tiba-tiba ada di sebelah gw, apa itu namanya? Bahkan ketika gw udah sengaja jalan ke bagian paling ujung jung jung dari supermarket dan itu adalah area buat perempuan terus dia tiba-tiba ngikut ke sana juga, apa itu namanya? "Yakali Ning dia nyari sesuatu buat istrinya." Nggak malihhhhh. Ada orang ngeliatin aja kita bisa sadar apalagi ngebuntutin. Sambil terburu-buru gw akhirnya bayar dan jalan keluar dari supermarket. Ga jauh dari supermarket itu, ada toko secondhand, jaraknya palingan dua menit nyepeda. Gw pun mampir ke situ. Masih di area depan ga jauh dari pintu masuk gw berenti, liat-liat barang-barang buat cewek dan tiba-tiba dese udah berdiri ga jauh dari gw. Singkat cerita, gw akhirnya melakukan apa yang gw lakukan ketika masih di supermarket, muter kesana-kemari di dalam area toko yang lumayan guedeeee. Dan tebak apa yang terjadi? Tentunya apa yang gw alami di supermarket terjadi lagi si sini. He's always few meters away from where I was standing. And every once in a while he looked the way lion looks at a piece of meat. Terrified and angry I just stormed out of the store and biked home as fast as I could. Sure enough I was crying on the bike. 

Ironisnya gw merasa nggak aman di tempat yang aman. Di tempat di mana perempuan bisa maju, sejajar, dan dihargai sebagai diri mereka sendiri. Ironisnnya lagi, justru sumber ketidakamanan gw datang dari sesama muslim yang katanya bersaudara dan harusnya bisa lebih menghargai *masih emosi sampai sekarang*. Tiga bulan di sini, gw ketemu dengan dua orang perempuan dari Pakistan yang sedang PhD dan sudah sejak master tinggal di sini, tahu pesan apa yang mereka kasih buat gw? "Hati-hati sama orang muslim di sini, mereka ga bisa dipercaya. Kalau muslimnya datang untuk sekolah (seperti kita), mereka baik dan punya level pemikiran yang bagus, tapi selain itu (e.g. imigran), baiknya ga usah banyak berurusan kalau bisa." Saat itu gw nggak ngerti sama yang mereka bilang, tapi sekarang gw mulai ngeh. Gimana mau percaya kalau nggak bisa ngerasa aman.

Gw masih terkejut aja sampai sekarang, ketika gw menyiapkan diri untuk menghadapi prejudice dari orang lokal atau bule-bule, justru hal itu nggak terjadi, yang terjadi malah sebalikanya. Hal-hal yang terjadi karena gw berkerudung dan membuat gw mudah diidentifikasi sehingga hal yang tidak menyenangkan terjadi justru datangnya dari orang Islam sendiri. Ada yang bilang pakai kerudung salah satunya buat melindungi diri, tapi (lagi-lagi) ironisnya apa yang katanya bisa melindungi justru malah menghasilkan hal yang sebaliknya buat gw. Karena laki-laki yang lokal diajarin cara menghormati perempuan. Pas summer sedang puncak-puncaknya, orang berjemur dan bikinian tuh bergelimang di taman kota, apa iya terus laki-laki lokalnya jadi buas dan blingsatan? Nggak lah. 

Jadi, dear Ibu yang hobinya kirim doa buat anak perempuan satu-satunya ini supaya dapet yang soleh, ya aku sih makasih sama doanya, cuma ya monmap, soleh bukan prioritas anakmu yang satu ini. Kalau ketemu sama jodohnya, anakmu ini cuma pengen yang baik, waras dan mentalnya stabil (cos am demented inside and mentally unstable I think am crazy) juga kaya dan pintar . Ada amin pemirsa sekalian?

4 comments:

  1. aminnn... lepas kerudung aja Ning, 2 minggu percobaan.. kalo asik lanjutin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. HEH!!!

      *pelan-pelan melonggarkan jilbab terus dicopo....
      *sinyal ilang*

      Delete
  2. Ya ampun ceu, aku deg2an baca yg dibuntutin >,< Take care ya ceu, semoga selalu dilindungi Allah dan dapet jodo yg baik, waras, mentalnya stabil, kaya, pintar, dan soleh solihun *angger..hihi.. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin ceuu..amiin tapi ga amiin ya...AHAHAHAHAHAHA.

      Pas udah kejadian terus bertekad, "Kalau dibuntutin lagi akan Aku bentak orangnya!!" tapi pas kejadian mah ciut terus ngibrit. Pret!!

      Delete