10 September 2018

Balada Beli Sepeda

Sekitar dua bulanan yang lalu gw akhirnya beli sepeda. Gw beli sepeda seken via website jual beli di sini. Lagi browsing-browsing lucu, tiba-tiba gw nemu sepeda yang murah, murahnya mencurigakan karena sepeda tersebut merk bagus dan dari foto keliatannya masih bagus. Namanya juga positif thinking, mungkin ini yang namanya rezeki anak solehah. Singkat cerita gw janjian untuk melakukan transaksi.

Sebelum gw bayar untuk membeli sepeda tersebut, gw minta pemiliknya untuk nurunin sadel sepeda karena terlalu tinggi meski hati gw masih lebih tinggi dari itu. Karena doi nggak punya alat yang mumpuni, doi nggak berhasil nurunin dan akhirnya bilang, "Kamu turunin sadel di toko sepeda, paling beberapa euro doang. Berhubung Saya nggak bisa nurunin sadelnya, saya diskon 10 €." Lah, kok enteng banget ngasih diskon, gw semakin curiga. Tapi pada saat itu gw curiganya cuma  sebatas kalau orang tersebut lagi butuh duit cepet buat bayar utang atau beli ganja *entah kenapa gw suudzonnya ke arah sini*

Setelah itu gw pergi ke toko sepeda buat nurunin sadel dan beli kunci yang harganya hampir separo harga sepedanya. Surem.

Tiga minggu kemudian, ketika sedang buka kunci sepeda di parkiran kampus, seseorang nyamperin gw dan langsung nyerocos ngomong Bahasa Finlandia yang mana gw anggap sebagai pujian di mana dese mengganggap gw bagian dari mereka. Gw cuma pasang muka bingung dan dia pun beralih bahasa sambil ngomong, 'Kamu beli sepeda itu di mana?' Gw ceritakan lah prosesi pembelian sepeda gw yang kemudian dia tanggapi, 'Saya punya sepeda yang identik sama sepeda Kamu dan sepeda tersebut dicuri sebulan yang lalu.'

Wah setan.

Dalem hati gw bertanya-tanya, sepeda yang gw beli memang bukan tipe sepeda paling pasaran di sini, tapi lumayan juga jumlah orang yang make sepeda yang sama, kok bisa dese hakul yakin kalau sepeda yang gw beli punyanya dia. Mungkin orang tersebut punya bakat cenayang Mama Loreng untuk membaca pikiran gw, dese pun lanjut, 'Iya, Saya tahu itu sepeda Saya soalnya sadelnya bukan sadel original, Saya modif di toko sepeda. Kemarin saya udah nyamperin toko sepeda buat nanya ada berapa orang dengan sepeda yang sama dengan Saya yang modif sadel dan yang punya toko sepeda bilang cuma Saya.'

Bbbbzzzztttt.

Singkat cerita, gw kasih nomor telepon maling sepeda (MS) ke pemilik sepeda tersebut (PS). PS kontak MS dan diblok, akhirnya PS lapor polisi. Tapi karena nggak ada bukti, si MS nggak bisa diapa-apain kecuali dia ngaku *yakali bakal ngaku*. Akhirnya gw dan PS pun sepakat kalau dia bakal ngebeli sepeda miliknya dari gw seharga yang gw bayar ke MS. Nggak rugi sih gw, tapi ujung-ujungnya gw musti nyari sepeda lagi dan sepeda gw sekarang ga sekece sepeda gw sebelumnya, hih!!

Dari serentetan peristiwa ini, yang paling bikin gw terkesima adalah kebetulan banget sih PS ini kerja di area yang sama dengan gw. Ya emang sih ini kota kecil, tapi perusahaan banyak banget di mari. Ini pasti konspirasi, pret. Hal kedua adalah soal si MS. Bok, dia ngingetin gw untuk beli kunci sepeda yang mumpuni karena maling sepada marak banget di sini. Lha, kan situ yang maling. Ditambah sekali waktu gw kebetulan ketemu si MS dan lagi-lagi dia bilang, "Kok belum beli kunci sepeda yang mumpuni sih?" Mungkin dia tergiur untuk maling ulang sepeda yang dia jual ke gw supaya bisa dijual lagi.

Begitulah balada jual-beli sepeda seken di kota kecil. Denger-denger, kalo jaringan malingnya kuat, sepeda yang dicuri bakal dijual di kota lain. Emang maling kelas teri deh ni si MS ini.

2 comments:

  1. Kok pada gemblung sih ceu? XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jamaah gemblungiyah memang ada di mana-mana ceu *masi ga rido merelakan sepeda kepada pemilik aslinya*

      Delete