08 April 2016

Singaparna Membara

Judulnya udah kayak vcd bokep anak kuliahan yang dijual di Kota Kembang belom? :)))

Masalahnya, akhir-akhir ini, Singapur (beserta beberapa wilayah Indo dan Malaysia) luar biasa panasnya. Kemarin-kemarin, sekolah di Malaysia sempet diliburin saking panasnya  dan temperatur hampir (atau udah?) nyentuh 40 derajat celcius *(many) Australian be like: Lemah kalian!!! Kami suda biasa!!* Katanya sih gara-gara titik balik matahari sehingga posisi bumi sedemikian rupa terhadap matahari, iya nggak? *sotoy at its best* Ditambah global warming juga sih ya kalu menurut akik, makanya temperatur nggak karu-karuan dan cuaca bergeser secara semena-mena *(most) American be like: You believe in that bullcrap of global warming? This earth is just in its particular cycle, nanti juga balik lagi* *cedih* *nangis di dada Leo Dicaprio*

Pergi ke luar buat makan siang di lingkungan kampus udah kayak siksaan duniawi yang bikin pengen copot jilbab, panas mentereng dan gobyos. Jadi, gw mau kasih tips ga penting dan maha standar menghadapi panasnya dunia fana ini yang ga ada apa-apa dibanding panasnya neraka jahanam.

Minum.Minum
Standar ya bok, tapi penting. Gw ngomongin air yak, bukan minum-minum mabu-mabu’an. Banyak mitos di sana-sini yang bilang kita harus minum x liter per hari, padahal katanya ga ada aturan baku sih, sesuaikan aja sama kebutuhan, aktivitas, dan kondisi diri sendiri. Soalnya katanya kalo bermasalah sama ginjal ga boleh minum berlebihan juga yak? Terus paling males ga sih tracking soal sudah minum berapa banyak hari ini? Tadi kayaknya udah dua atau tiga gelas yak? Makanya gw lebih seneng pake botol minum. Isi penuh 500 ml, kalau udah habis isi lagi, lebih gampang ngitung dan inget-ingetnya. Atau cek aja warna urin. Jangan lupa sedia air minum di kamar. Belakangan ini gw suka kebangun jam 3-4 pagi dan haus pujian kayak beberapa pejabat negara. Biasanya langsung minum terus lanjut tidur.

Proper clothes
Ya pake bajunya disesuaikan. Meskipun ente baru beli jumper super cute dengan gambar mukanya raffinagita, tapi kalau cuaca panas membara ya jangan juga pake jumper. Pake baju yang bahannya nyaman dan nyerap keringat. Kalau nggak jilbaban, pilihan lebih banyak, bisa pake pake baju tipis atau baju yang kutung-kutung, sing penting nyaman dan sesuai occasion aja. Untuk jilbaber feseynista, meski beberapa model dan bahan jilbab terlihat kece dengan ciput tebel atau layer di sana-sini, tapi kalau bikin panas puol dan nggak nyaman ya nggak usah juga dipake. Jangan lupa pilih baju warna terang. Ini trade-off yang berat, baju warna gelap melangsingkan *penting* tapi panas, sedangkan warna terang lebih adem tapi nggak melangsingkan, cih! Untuk ukhti-ukhti yang merasa ga mau pilih warna terang karena takut menarik lawan jenis, ana nggak ikut-ikut, terserah ukhti sekalian, wallahualambisowab.  

Sunblock
Ini penting pake banget tapi sering diabaikan. Alasannya macem-macem, mulai dari pliket, bikin minyakan, clogged pore (ini!!!), atau males. Padahal kan sinar matahari semakin jahat ya (engga sih, sinarnya gitu-gitu aja, ozonnya aja udah rusak *sasak rambut 5 meter pake hairspray ber CFC*), jadi ada baiknya kita nurut nasehat Papa Jackman.

Deodorant
Penting bok. Polusi udara udah tinggi ditambah haze yang belakangan ini baunya mulai kecium, jangan tambah lagi dengan ketekmu yang mambu. Terserah mau pake deodoran, anti perspirant, atau baking soda sekalipun, isokey, sing penting ora mambu. Gw sih lebih suka baking soda arm and hammer (tetep) atau deodoran arm and hammer (kekeh), soalnya baking soda atau deodoran tetep bikin kita bisa keringatan, ga kaya anti perspirant, ya jadinya basket sih :)))), tapi kerasa bedanya pas pake anti perspirant dan pas pake baking soda/deodorant, kulit rasanya masih bisa napas. 

Aircon
Kalau di kamarnya ada aircon ya sukur, bisa diam di dalam ruangan saat sedang panas-panasnya,  kalau nggak ada ya sukur(in), seperti kamar gw yang ga ber-AC. Jadi kalau wiken lagi nggak kemana-mana, masuk jam 10-an, panasnya mulai nggilani *nyalain kipas angin*. Lalu, temen kantor gw menyarankan, ‘Kalau wiken kepanasan di rumah, pergi aja ke kantor biar enak kena AC.’ APOSE???? Ngapain juga akik ngantor wiken hanya demi AC. Terus ke mana dong? Mol? Mol emang adem, tapi tumpleknya orang-orang di mol ketika di kala wiken tuh udah nggak masuk akal. Padahal mol udah banyak banget, hampir di tiap pemberhentian MRT yang penting, pasti ada mol, dan terkadang molnya bukan sebiji, tapi bisa 4 biji sekaligus di satu area, tapi tetep aja umpel-umpelan, herman deh. Kalau udah gitu biasanya melipir ke perpus :)))). Lumayan banget. Sepenuh-penuhnya perpus biasanya masih dapet tempat duduk, kalau enggak ngaso aja di lantai. Paling hitz dan asoy emang perpus di Orchard, tapi perpus di Esplanade juga enak karena ada rehearsel room buat yang latian organ. Jadi di dalam perpus samar-samar kedengeran suara orang main  organ. Masalahnya dengan perpus Esplenade adalah koleksi bukunya. Semuanya koleksinya tentang seni, ga pas sama sekali buat gw. Tapi mayan buat ngaso dan ada koleksi majalah yang readable lah.  

Cengdem
Alias goceng adem (eh, goceng apa seceng?), mayan sih melindungi mata dari silaunya matahari. Meskipun gw ga pernah pake sih kalau di sini. Kalau emang sering ada di luar ruangan, ya boleh juga pake cengdem. Pilihan lain, kalau memang sehari-hari pake kacamata, pilih varian kacamata yang menggelap ketika kena matahari, apaan tuh namanya? Tapi gw pribadi berasa kurang kece ya, mending kacamata biasa terus switch pake cengdem *rempong amat hidup*

Sudah minum berapa Yakult hari ini?

Satu lagi, buat golongan tertentu, jauh-jauh dari yang lagi ngaji, soalnya, katanya, ayat suci al-quran bisa bikin panas bak sedang kebakar *toyor :))))*

2 comments:

  1. Paraaaaaah panasnya. Kamar gue ber-AC, tapi tetep suka nggak berasa saking panasnya. Padahal daya AC-nya lumayan kalo dibanding kamar yang secimit itu.

    Tapi ingatlah kalau neraka lebih panas. *ngaji*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bok, udah kayak sauna parah, temen gw bilang,'Lo bisa ya panas begini baju begitu (jilbaban maksudnya), di ketek lo selipin pembalut jangan-jangan buat nyerep keringat.' Pret abiz

      Delete