15 June 2017

Kelakuan Sobat Kizmin pada Masanya

Siapakah sobat kizmin tersebut? Gw lah salah satunya. Seperti pernah gw singgung sedikit di sini *ya elu mah emang ditambah pelit kali Ning!! :))*. Sebenernya kepikiran waktu tadi pagi manasin air buat bikin kopi. Seumur-umur gw ga pernah punya water boiler elektrik, di rumah, dulu kalau mau air panas ya nggodok pake ceret (ceret apaan sih Bahasa Indonesianya?), sekarang mending ya ada dispenser. Terus gw inget, momentum gw punya water boiler pertama kali adalah di Landa. Dari manakah gw mendapat water boiler?  Apakah gw bela-belain beli yang bagus sekalian supaya awet? Oh tidak. Apakah gw beli di supermarket diskon? Oh tidak. Apakah lungsuran angkatan atas? Oh tidak. Terus dapet dari mana woyyy?!?!? Mulung Nemu di suatu koridor. 

Gw emang ter-sobat kizmin :)))).

Lungsuran barang dari angkatan atas sih biasa banget, bahkan udah bukan hal yang anehlah barang seken. Di city center pun ada toko yang khusus ngejual barang seken dan nggak pernah sepi peminat. Jadi ya perkara mulung-memulung barang emang lumrah. Beberapa barang yang gw punya selama di sana adalah hasil mulung. Selain water boiler, hasil mulung gw diantaranya adalah rak, winter boot, tas, sampai baju. Orang-orang biasanya udah paham, ketika mereka mau pindah dan banyak barang yang nggak diinginkan tapi masih dalam kondisi bagus tapi nggak kejual, mereka biasanya akan sortir dan mereka simpan di dalam pintu koridor di mana dia tinggal. Cuma masalah waktu aja, biasanya sobat-sobat kizmin macem gw akan gerak cepat untuk mengamankan barang yang dirasa masih bisa dipakai. Beberapa jam kemudian biasanya gundukan barang tersebut udah habis dan tinggal nyisa perintilan nggak penting. Masalah selesai. Sampah berkurang dan semua senang.

Lain halnya kalau barang yang nggak diinginkan udah jelek, biasanya si pembuang akan langsung buang ke dumpster di student housing tersebut. Nah, tapi pernah juga nih gw nemu barang-barang masih bagus dan bersih di dumpster. Tas yang isinya baju, jaket, sampai sepatu. Ya gw amankan lah barang yang gw rasa oke, bahkan masih ada satu jaket Giordano hasil mulung dari dumpster tersebut yang masih gw pake sampai sekarang *ya envelope, why did I even tell this :)))??*   

Kadang ada juga sih orang-orang kampret yang emang niatnya pure buang barang. Barang-barangnya udah juelek pol dan ngga kepake tapi mereka simpen gitu aja di pintu depan koridor. Biasanya karena mereka terlalu malas buat buang ke dumpster dan  ngebiarin supaya petugas kebersihan gedung yang buangin barang tersebut. Entah kenapa gw sering mikir kalau yang kelakuannya gini mungkin orang Aprika *oh prejudice :))* Ya abis, kejadian begitu biasa gw temui di student housing yang dominannya orang Aprika dan Indo, dan orang Indo kayaknya nggak gitu (gitu amat) deh :)))), fufufufufufu.

Nah, dalam perkara mulung-memulung ini, Indonesian brotherhood dan sisterhood biasanya gercep. Ya mungkin nggak semua, palingan gw dan sobat kizmin lainnya yang sejenis gw *ciyaaannn* Misalnya ada anak Indo lagi lewat lantai 12 dan liat ada seonggok setrika dan barang lainnya, biasanya dese langsung kasih tau anak Indo lainya yang tinggal di housing tersebut supaya dia ngecek siapa tahu ada yang dia butuhin, begitu pula sebaliknya. Dari segala jenis barang yang pernah gw liat di sekitar pintu koridor, kayaknya kulkas udah yang paling heboh. Iya sih kulkas kecil, tingginya paling 1-1.2 meter, tapi kan tetep aja itu kulkas bokkkk. Dan percayalah, kalau kulkasnya masih berfungsi, orang yang ngincer bakal bela-belain dengan segala daya upaya untuk ngambil kulkas tersebut. Biar kata dia tinggal di lantai yang beda dari kulkas tersebut ditemukan, prosesi geret-menggeret masuk-keluar lift bakal tetap dijalani.   

Latar belakang mulung barang untuk sobat-sobat kizmin ini boleh jadi beda-beda, tapi satu hal,   Mz Leo DiCaprio pasti bangga dengan prosesi reuse barang ini :))).

No comments:

Post a Comment