‘Enak banget sih
hidupnya/kerjaannya/etc….’
Komen paling standar dan paling
umum yang ditemukan di medsos. I think I threw that comment also couple of
times. Sekarang sebelum kita membahas lebih lanjut, jadikanah potongan lagu Owl
City-Fireflies sebagai pegangan hidup, bahwa sebenernya ♫everything is never as it seems♫. Apalagi kalau diliatnya di
medsos, ya nggak sich?
Apalagi kalau kita tahu kehidupan
sehari-hari seseorang sekaligus hal-hal
yang biasa dia posting ke medsos, shahih terdapat diskrepansi yang cukup
signifikan. Yang diposting apa, yang dominan terjadi apaan hahahahaha. Hal lain
yang perlu diingat, yang diposting ke medsos mah udah pasti yang bagus-bagus,
yang bisa dijadiin bahan pamer. Habis yalan-yalan keliling Yurep sampai ke
bulan, ya masa’ ngetok pintu tetangga ujug-ujug nunjukkin kumpulan foto
traveling terus bilang ‘Ini waktu Saya lagi di shopping di Paris, hestek
Hermes. Nah kalau yang ini Saya lagi ski di Suis hestek Matterhorn.’ YAKALI!!!
Atau lagi kulineran yang enak, kan nggak mungkin telpon temen terus ngomong, ’Gw
lagi di restoran paling hitz se Jakarta Raya. Wine nya sumpah enak banget
hestek Old-Wine.’ HYUK!! Atau mau mengukuhkan diri sebagai mamak ideal yang
nemenin anak main game yang kaya akan edukasi, terus sebelum main ngumpulin
tetangga dulu buat kasih liat kalau si anak soleh/a, pinter dan ciamik.
YEZKELEUZ!! Dari semua hal-hal tersebut (dan masih banyak hal lainnya) ya
paling gampang ambil foto, terus aplot ke medsos, kasih caption, terus hestek.
Beres. Seluruh dunia bisa tahu.
Oke, ibarat kata gw liburan nih
yak ke Itali, terus tiba-tiba di instakhram muncul foto gw lagi di restoran
Itali paling hitz atau lagi pose di depan tempat yang pemandangannya cantik.
Keren bingit nggak sih? Tapi, berhubung gw bukan Syahrini -eniwei, at some
points Syahrini itu idolaku banget deh, bukan sarkasme, tapi beneran. Nanti
kapan-kapan dibahas ah- yang paling mungkin terjadi adalah: Gw posting foto
makanan di restoran Itali paling hitz. Oke gw makan di sana, tapi besar
kemungkinan itu cuma sekali dua kali gw lakukan sepanjang liburan. Sisanya, ya
paling gw makan McD lagi…McD lagi. Atau kebab wong Turki yang banyak tersebar
di sepanjang jalan Itali. Makleum, kere, tapi apa pemirsa perlu secara
eksplisit tahu? Ya nggaklah, disaringlah apa yang akan diaplot dan yang tidak. Foto dengan pemandangan cantik? Yaiyalah
masa’ udah liburan nggak nyari spot kece buat foto. Pose di foto sih secakep
mungkin, padahal kaki udah gempor mau copot gara-gara seharian jalan ditambah
nyasar-nyasar, ga bisa baca peta, dimarahin orang lokal, dan berantem sama partner
traveling. Mood mungkin udah ambyar, tapi tetep lah kalau di foto harus
(terlihat) secakep dan sebahagia mungkin. Hahahahahaha.
Karena selalu ada cerita di balik
setiap foto. Entah cerita yang nyenengin atau cerita yang ngeselin, tapi kalau
poin utama dari foto tersebut adalah buat pamer, ya yang ditampilkan di foto
harus secakep mungkin lah. Makanya,
bikin asusmsi tentang sesuatu/seseorang berdasarkan apa yang dilihat di sosial
media bisa menjadi hal yang sangat tricky.
Jadi yaudah cuek aja, semua orang
juga butuh ‘panggung’, apalagi kalau lagi mati gaya, hiburan apalagi sih yang
paling unggul kalau bukan internetan dan mainan sosmed. Eh bentar, ini
langitnya lagi bagus banget, udah dulu ye, siapa tahu cocok buat diaplot. Ngok.
No comments:
Post a Comment